yandex

Enam Klub Liga Primer Inggris Membatalkan Diri Ikut European Super League

Setelah Manchester City mengumumkan mundur, lima klub pendiri lainnya dari Liga Inggris juga turut menyatakan batal ikut serta dalam European Super League.

Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal, Liverpool, dan Manchester United hampir secara bersamaan memutuskan menarik diri dari ajang yang diumumkan pada akhir pekanh lalu.

Klub-klub pendiri European Super League sudah dikabarkan goyah sejak Selasa (20/4) malam waktu Eropa atau (21/4) dini hari waktu Indonesia.

Tim ternama dari Inggris tersebut mempertimbangkan faktor protes suporter, penolakan pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya.

“Liverpool mengonfirmasi keterlibatan dalam rencana yang diusulkan untuk membentuk European Super League telah dihentikan. Dalam beberapa hari terakhir, klub telah menerima perwakilan dari berbagai pemangku kepentingan utama, baik secara internal maupun eksternal, dan kami ingin mengucapkan terima kasih atas kontribusi mereka yang berharga,” tulis pernyataan di situs resmi Liverpool.

Sementara Man Utd menegaskan komitmen terhadap sepak bola.

“Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan orang lain di seluruh komunitas sepak bola untuk menghasilkan solusi berkelanjutan untuk tantangan jangka panjang yang dihadapi permainan.”

Mulanya langkah keenam klub tersebut mendirikan European Super League mendapat sambutan negatif dari banyak pihak.

Pasang Prediksi Premier League Disini

FIFA dan UEFA langsung bertindak tegas dan menyiapkan hukuman bagi klub-klub pendiri liga yang dianggap memisahkan diri dari keluarga sepak bola tersebut.

Bahkan nasib Chelsea, Man City, dan Man Utd yang sedang berlaga di ajang kontinental, Liga Champions dan Liga Europa, sempat mendapat ancaman dari UEFA.

Suporter dan pemain dari masing-masing klub juga menegaskan resistensi terhadap pilihan klub mengadakan liga tengah pekan yang hanya akan diikuti beberapa klub saja.

Selain enam klub pendiri asal Inggris, European Super League juga memiliki klub pendiri dari Spanyol dan Italia yang kemungkinan juga bakal menyatakan pengunduran dalam waktu dekat.

Related Articles